Melintasi Jembatan Suramadu

Friday, February 5, 2010

Jembatan Suramadu (Surabaya - Madura) telah dibuka dan diresmikan pada tanggal 10 Juni 2009 oleh Presiden RI Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Keluargaku mempunyai rencana untuk melintasi jembatan Suramadu sambil rekreasi ke Madura. Hari yang telah ditetapkan tiba, pagi hari kami berangkat menuju kesana. Jarak tempuh dari rumah ke jembatan ini kira-kira 35 km, atau kira-kira 1,5 jam untuk sampai di gerbang jembatan. Jembatan ini dikelolah oleh Jasa Marga. Setelah membayar tiket masuk sebesar Rp 30 ribu untuk satu mobil, kamipun melewati jembatan Suramadu ini dengan pelan-pelan sambil menikmati indahnya selat Madura dan cantiknya pembangunan jembatan Suramadu.

Jembatan Suramadu dibangun mulai tanggal 20 Agustus 2003 adalah jembatan yang menghubungkan kota Surabaya dan pulau Madura yang melintasi di selat Madura. Panjang jembatan ini adalah 5.438 m (17,841 kaki). Jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia, bahkan mungkin di Asia Tenggara saat ini, terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge). Pembangunan jembatan ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura khususnya di bidang infrastruktur dan ekonomi karena Pulau Madura relatif tertinggal dibandingkan kawasan lain di Jawa Timur.

Perkiraan biaya pembangunan jembatan ini adalah 4,5 triliyun Rupiah. Jalan layang atau Causeway dibangun untuk menghubungkan konstruksi jembatan dengan jalan darat melalui perairan dangkal di kedua sisi. Jalan layang ini terdiri dari 36 bentang sepanjang 1.458 meter pada sisi Surabaya dan 45 bentang sepanjang 1.818 meter pada sisi Madura.
Jembatan penghubung atau approach bridge menghubungkan jembatan utama dengan jalan layang. Jembatan penghubung ini terdiri dari dua bagian dengan panjang masing-masing 672 meter. Jembatan utama atau main bridge terdiri dari tiga bagian yaitu dua bentang samping sepanjang 192 meter dan satu bentang utama sepanjang 434 meter. Jembatan utama menggunakan konstruksi cable stayed yang ditopang oleh menara kembar setinggi 140 meter. Lantai jembatan menggunakan konstruksi komposit setebal 2,4 meter.

Setelah sekitar 15 menit kami diatas jembatan Suramadu, akhirnya kami sampai di kota Bangkalan Madura. Pada saat itu pembangunan di sekitar kota Bangkalan memang sedang dilakukan, pembangunan gedung-gedung pertokoan di dekat pintu keluar jembatan arah Bangkalan sedang dalam pengembangan.

Hampir 2 jam kami di Bangkalan, akhirnya kami pulang ke Surabaya melewati jembatan Suramadu lagi.

0 komentar:

 

Copyright © 2010 Picnic Together Designed by Ipietoon Blogger Template
Girl Vector Copyrighted to Dapino Colada