Bromo Mountain

Sunday, March 14, 2010

Gunung Bromo merupakan salah satu tujuan wisata di Jawa Timur. Tempat wisata alam ini terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di timur kota Malang, Jawa Timur. Bromo terletak di 4 wilayah, yaitu Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang. Pengunjungnya bukan hanya wisatawan lokal tetapi banyak yang berasal dari luar negeri.

Bromo berasal dari bahasa Sansekerta/Jawa Kuno yaitu Brahma, salah seorang Dewa Utama Hindu, Bromo adalah merupakan gunung berapi yang masih aktif. Masyarakat yang tinggal disekitar kawasan gunung Bromo berasal dari suku Tengger, mereka sangat baik dan ramah dengan para pengunjung. Mereka berjualan makanan, minuman, dan souvenir (khususnya yang berupa ikatan bunga edelweis yang berasal dari gunung bromo).

Gunung Bromo mempunyai ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi, mempunyai kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat), dan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.

Untuk mencapai kaki Gunung Bromo, sebaiknya memilih berjalan kaki atau dapat menyewa kuda. Dengan berjalan kaki kita dapat merasakan lautan pasir yang luas, sinar matahari yang terik, jarak yang jauh, debu yang berterbangan dapat membuat perjalanan semakin berat. Pengunjung biasanya mengunjungi gunung Bromo ini sejak dini hari dengan tujuan melihat terbitnya matahari. Untuk mencapai kawasan itu, kita harus menaiki Gunung Pananjakan yang merupakan gunung tertinggi di kawasan ini. Kita harus menaiki anak tangga yang jumlahnya mencapai 250 anak tangga untuk dapat melihat kawah Gunung Bromo yang mengeluarkan asap, lautan pasir dengan pura di tengah-tengahnya dan menyaksikan terbitnya matahari. Jika langit sedang berawan, munculnya matahari ini tidak terlihat secara jelas. Tetapi jika langit sedang cerah, kita dapat melihat bulatan matahari yang pertama-tama hanya sekecil pentul korek api, perlahan-lahan membesar dan akhirnya membentuk bulatan utuh dan memberi penerangan sehingga kita dapat melihat pemandangan gunung-gunung yang ada di kawasan ini (Gunung Bromo, Gunung Batok, atau Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, Kawah gunung Bromo dan lautan pasir gunung Bromo). Menyenangkan dan sungguh merupakan pemandangan yang sangat langka dan luar biasa menarik.

0 komentar:

 

Copyright © 2010 Picnic Together Designed by Ipietoon Blogger Template
Girl Vector Copyrighted to Dapino Colada