Walking at Cihampelas Bandung

Saturday, April 24, 2010

Kawasan Cihampelas telah menjadi kebanggaan masyarakat kota Bandung, karena Cihampelas merupakan kota wisata dan kawasan potensial bagi usaha pengembangan kota Bandung. Di kawasan Jalan Cihampelas terdapat Factory Outlet dan pusat perbelanjaan yang sangat ramai, mall Cihampelas Walk, adanya fasilitas pendidikan seperti SMUN 2 Bandung, SMUN 2 Pasundan dan SMUN 8 Pasundan, ada juga fasilitas kesehatan Rumah Sakit Advent.

Dari tahun ke tahun banyak bertebaran FO (factory outlet) di sekitar kawasan jalan Cihampelas, sehingga jalan Cihampelas yang sempit semakin sempit dan padat dengan pengunjung yang ingin berbelanja. Selain berjualan busana berbahan jeans yang kualitasnya bagus dan harga terjangkau, para pedagang FO juga menjual busana sisa ekspor dengan harga terjangkau. Semua didapat dengan mudah di Cihampelas. Perubahan-perubahan di kawasan Cihampelas memang drastis dalam satu dasawarsa terakhir. Jika 10 tahun yang lalu kawasan Cihampelas banyak ditemui tempat perdagangan busana jeans, tetapi kini sudah ada hotel, kafe dan tempat-tempat wisata kuliner khas kota Bandung juga bermunculan.

Selain Factory Outlet, Cihampelas juga sudah ada sebuah mall yang dinamakan Cihampelas Walk (CiWalk) yang menawarkan sesuatu yang berbeda dengan mall yang lain karena mall ini didirikan di tengah-tengah areal terbuka (open air), sehingga merupakan perpaduan antara gedung perbelanjaan modern dengan suasana alam yang asri dan menyegarkan. Cihampelas Walk didirikan di atas lahan seluas lebih kurang 3.5 hektar, dengan kontur agak bertebing, 1/3 area digunakan untuk bangunan pertokoan, dan 2/3 lainnya digunakan untuk areal parkir, sedangkan sisanya dipergunakan sebagai taman. Berjalan-jalan di Cihampelas Walk pada siang, sore atau pada malam hari akan terasa berbeda suasananya, karena adanya lampu dari tiap gerai dan bangunan utama pada malam hari membuat suasana yang sangat berbeda. Area parkir kendaraan yang berada di basement gedung dan sisi kanan bawah area luar tidak akan mengganggu pengunjung yang sedang berjalan-jalan maupun bersantai di kawasan belanja dan kafe yang ada di Cihampelas Walk.

Kemacetan lalu lintas yang sering terjadi di kawasan Jalan Cihampelas sudah menjadi hal yang biasa, ini karena mobil angkutan umum yang tidak disiplin, munculnya lokasi wisata kuliner di pinggiran jalan dan semakin ramainya pengunjung dari luar kota Bandung yang ingin berbelanja atau sekedar menikmati kawasan Cihampelas. Kehadiran kawasan Cihampelas akan menjadi daya tarik tersendiri yang akan memperkaya pariwisata kota Bandung sehingga dapat menciptakan kembali Bandung sebagai Paris Van Java.

1 komentar:

NENSA MOON on April 25, 2010 at 5:22 PM said...

Hmmm.... kawasan yg enak buat shopping tuh Wen...
Cuman muacetttnya itu loh....
yg ga tahannn.

 

Copyright © 2010 Picnic Together Designed by Ipietoon Blogger Template
Girl Vector Copyrighted to Dapino Colada