Bihaaru Bahri 'Asali Fadlaailir Rahmah

Tuesday, March 23, 2010

Minggu, 21 Maret 2010
Ayo kita berwisata religi ke sebuah Pondok Pesantren Salafiyah yaitu Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah (Bi Ba’a Fadlrah) yang terletak di Jalan Wakhid Hasyim Gang Anggur No. 7, RT 27 / RW 06, SananrejoTuren, kota Malang Jawa Timur, Indonesia. Tujuan didirikannya Pondok Pesantren ini adalah untuk : Meningkatkan Iman, Membersihkan Hati dan Membangun Akhlakul Karimah. Dalam pembangunan Pondok Pesantren ini, ternyata dana utamanya berasal dari Kyai Ahmad dan sebagian lagi berasal dari jamaah. Prinsip dalam hal pendanaan tidak minta-minta, tidak toma’ dan tidak pinjam/hutang. Karena itu status Pondok merupakan pondok milik pribadi, tetapi pemanfaatannya untuk semua ummat.

Perintisan Pondok Pesantren dimulai pada tahun 1963 oleh seorang Kyai yang bernama KH Ahmad Bahru Mafdlaludin Soleh (salah satu murid dari Kyai Sahlan dari Sidoarjo) dan pembangunan Pondok Pesantren dimulai pada tahun 1978 setelah ada santri yang menetap dengan memilih daerah Turen sebagai tempat pembangunannya. Menurut sang kyai dalam membangun Pondok Pesantren tersebut tidak ada tenaga arsiteknya dan beliau hanya mendapatkan ilham dari shalat Istikharah(shalat untuk meminta petunjuk) dan pembangunan Pondok Pesantren pun dikerjakan secara bertahap. Sejak saat itu, dengan dibantu oleh para santrinya, Kyai Ahmad memulai pembangunan Pondok Pesantren dengan menggunakan alat pertukangan sederhana dan proses belajar sendiri yang pada akhirnya santri-santrinya punya ketrampilan. Semua santri itulah yang menjadi tukang sekaligus mandor bangunan ini. Mereka bekerja tidak menggunakan alat-alat berat modern dan semuanya dikerjakan sendiri. Jangan heran jika proses pembangunan Pondok Pesantren ini terkesan lamban, karena ini bukan bangunan nafsu yang diselesaikan dari atas ke bawah, tapi ini bangunan hikmah, melalui istiqarah, bangunan ini diselesaikan dari bawah ke atas. Lamanya proses pembangunan Pondok Pesantren ini mengisyaratkan perlunya kesabaran dan keikhlasan. Tiap detil ornamen harus dikerjakan dengan sabar dan teliti. Selain pekerjaan yang tidak mudah sebagai tukang, para santri juga bukan orang yang dibayar. Keikhlasan dan tanggung jawab yang menjadi modal utama didalam hati santri-santri itu.
Di pintu gerbang utama, kita akan melihat dua buah bangunan mirip guci yang sangat besar dan tinggi berwarna oranye dan biru. Keduanya dipakai untuk pos. Di sisi kanan terletak sebuah taman yang dikelilingi pagar seperti taman bergaya Persia atau India. Di lantai dasar, memasuki pintu utama, lewat lorong yang di sisi kiri kanannya penuh ornamen. Ornamen itu mirip batik dipenuhi bentuk daun atau bunga. Di sisi lain juga ada kaligrafi. Di salah satu lantai juga ada beberapa ruang mirip gua, dipenuhi batu-batu yang diterangi lampu. Sementara di sisi kiri-kanannya beberapa akuarium berjajar dipenuhi berbagai ikan hias. Di pinggir pondok juga ada taman margasatwa.

Saat ini Pondok Pesantren ini mempunyai 10 lantai didalam gedungnya. Bangunan pondok pesantren tersebut sangat megah dan indah, bergaya arsitektur yang mirip dengan masjid & bangunan di negara Arab dan Timur Tengah. Secara design interior, bangunan gedung banyak dipenuhi dengan relief huruf al-qur'an yang sangat indah, tetapi di bagian ruang banyak ditemui sudut-sudut yang bernuansa gua/alam. Setiap lantai di ruangan menggunakan lantai yang terbuat dari batu marmer, sehingga pada siang hari yang panas pun akan terasa sejuk di dalam ruangannya. Mempunyai ruangan yang banyak, dimana dindingnya dihiasi gambar indah dengan ornamen tertentu dengan berbagai warna. Pada dinding terdapat tulisan, berbahasa Arab dan bahasa Indonesia.

Pada tahun 1988 kegiatan di Pondok Pesantren ini mulai berjalan dan saat ini Pondok Pesantren mempunyai 250 orang santri. Pondok Pesantren Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah (Bi Ba’a Fadlrah) dibangun dengan maksud untuk mengajak para santri-santri untuk membersihkan hati agar timbul rasa cinta dan kedekatan kepada Allah. Dengan rasa cinta dan dekat kepada Allah diharapkan akan timbul rasa sayang kepada sesama umat dan makhluk, yang selanjutnya akan membentuk akhlak yang karimah. Dengan demikian semua para santri dapat membersihkan hatinya dari penyakit-penyakit hati. Jika raganya yang sakit, datang ke sini maka yang disembuhkan adalah hatinya dulu, yang tidak boleh dilupakan adalah ibadah syukur.
Adapun kegiatan-kegiatan yang sering diadakan di Pondok Pesantren ini antara lain:
  • Keagamaan: PHBI, Kajian Kitab, Pengajian Umum, Diniyah, Istighosah, Tahlil bersama, Pembacaan Dibba’
  • Sosial: Bazaar, Terbang Jidor Tradisional, Hadrah ISHARI, Drumband, Terbang Jidor Kontemporer, Karnaval
  • Kemanusiaan: Pernikahan Bersama, Khitanan Massal

3 komentar:

Swara-Grage on April 22, 2010 at 10:19 PM said...

ini di kota malang ?? sayang banget...wkt kesana dulu gak ke tempat ini, gak tau sey....

groundedbynzl on July 25, 2010 at 12:45 AM said...

Pesantren dengan fasilitas wisata megah di atas areal seluas 4 hektar dengan masjid sekecil mushola, penuh dengan kerancuan konsep, unsur-unsur mistik, klenik dan jauh dari kaidah islami. Sudah kami pastikan bhw keberadaan kompleks ini menuntun ke arah kemusyrikan. Aduhai siapa gerangan pembawa kesesatan ini?

fathonie on October 15, 2010 at 4:28 PM said...

subhanallah,,,,,,, semoga tuhan tidak pernah melepaskan kemanjaanNYA kpd qta untuk selama-lamanya.... amiin,,

 

Copyright © 2010 Picnic Together Designed by Ipietoon Blogger Template
Girl Vector Copyrighted to Dapino Colada