Go For Walk To Malang

Monday, March 29, 2010

Kota Malang adalah salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak potensi, antara lain adalah potensi pariwisata. Kota ini dikenal sangat kaya akan cita rasa pendidikan, kebudayaan, seni, dan kulinernya. Tak heran kota yang satu ini menjadi tujuan wisata baik bagi wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota yang berhawa sejuk ini namanya cukup dikenal di benua Eropa, khususnya di negeri Belanda. Karena pada zaman penjajahan Belanda dulu, tata kota Malang didesain oleh arsitek Belanda dan dibangun dengan tujuan sebagai kota peristirahatan, kota hiburan dan pariwisata bagi para petinggi Belanda. Kuliner di kota ini sangat kaya dan beraneka ragam, aneka masakan favorit khas Malang yang merupakan perpaduan seni kuliner Jawa, Sumatra, Madura, Tionghoa, India, Timur Tengah, hingga Eropa bisa ditemukan dengan mudah di kota ini dengan berbagai penyesuaian dengan lidah lokal serta beragam inovasi yang lezat bisa dijumpai di Malang. Ternyata wisata kuliner di Malang telah menjadi perhatian masyarakat di dunia. Oleh sebab itu, ayo kita kenal kuliner di kota Malang dan pasti tidak akan mengecewakan.

1. Makanan dari olahan ketela rambat/ubi/telo.
Jika kita jalan-jalan ke kota Malang, jangan lupa untuk mampir ke sebuah tempat yang mendekati jembatan layang Lawang, perbatasan Pasuruan & Malang, disana kita akan menjumpai sebuah resto cukup besar di sebelah kanan jalan (jika dari arah Malang ke Surabaya, disebelah kiri jalan setelah jembatan layang Lawang) yang menjual bermacam-macam jajanan olahan dari ketela rambat/ubi (telo yang berwarna ungu). Ada banyak ragam olahan dari ketela rambat/ubi/telo yang dijual disitu. Mulai dari olahan Keripik, Brownies, Bakpao, Bakpia, Pizza, es juice/sirup dan ice cream.

2. Bakso Malang
Bagi masyarakat Indonesia, jajanan bakso adalah salah satu jajanan yang tidak pernah membosankan. Meskipun banyak bakso yang ditawarkan di pasar tetapi bakso Malang adalah bakso yang sangat terkenal dan memiliki cita rasa yang berbeda dengan bakso lainnya karena bakso Malang adalah bakso yang memiliki banyak keunggulan antara lain dari rasa kuah dan varian isinya yang berbeda-beda. Beikut informasi jajanan bakso yang terkenal di kota Malang:
1. Bakso Bakar Pak Man : Jl Dr. Cipto 18 Sebelah Radio Mas FM
2. Bakso Kota : Jl Letjen S. Parman No. 77
3. Bakso Stasiun : Jl Trunojoyo ( Stasiun Kereta Api)
4. Bakso President : JL Letjen Sutoyo 32-34 Belakang Mitra II dept
5. Bakso Duro : Jl Raya Kepanjen
6. Bakso Solo : Jl Sawahan sebelah Pom Bensin Kasin

3. Keripik dari buah-buahan dan Tempe.
Kripik buah adalah hasil olahan beraneka jenis buah dalam bentuk makanan ringan, di-iris tipis-tipis, kering dan renyah. Sehingga lebih awet untuk disimpan dan bisa dinikmati kapan saja. Bermacam-macam metode yang digunakan oleh para UKM di Malang dalam mengolah buah menjadi kripik; mulai dengan cara tradisional hingga menggunakan mesin. Jenis keripik yang banyak dijumpai di kota Malang adalah kripik buah apel, mangga, nanas, nangka dan salak. Ada juga kripik yang tidak terbuat dari buah-buahan yaitu kripik bayam, kentang, tempe dan kripik belut. Di Malang, keripik banyak sekali dijual di pinggir jalan dan toko-toko besar, tidak sulit untuk menemuinya dan menjadikannya sebagai oleh-oleh untuk keluarga. Kelebihan keripik asli dari kota Malang ini adalah :
1. Dibuat hanya dari buah segar pilihan
2. Diproduksi dengan tekhnologi vacum, sehingga terjamin kebersihan, citarasa, serta kandungan gizinya.
3. Tidak menggunakan bahan pengawet dan bebas kanker
4. Dikemas dalam kemasan aluminium foil, aman, terjamin bersih, menjaga citarasa
5. Rasanya dijamin gurih dan renyah.

4. Makanan yang diolah dari buah Waluh.
Sama seperti ketela rambat/telo, buah waluh bisa dibuat menjadi aneka ragam kue antara lain : brownis waluh dan bakpao waluh. Tempat penjualannya ada di toko-toko besar di pinggir kota Malang.

Note: Kuliner kota Malang, yang harus kita coba:
  1. Bakso bakar.
  2. Jenang (dodol) apel, baik jenis Manalagi maupun Rome Beauty
  3. Telur petis.
  4. Brem apel.
  5. Orem-orem.
  6. Kripik apel, kripik nangka, kripik nanas.
  7. Kripik tempe aneka rasa (rasa pizza, balado, dan lain-lain).
  8. Bakpao waluh (labu) dengan aneka isi (daging, coklat, strawberry dan lain-lain).
  9. Brownies Tempe.
  10. Brownies waluh (labu).
  11. Bakpao Telo (dari ubi/ketela rambat).
  12. Tempe menjes dan menjes kacang.
  13. Cwie Mie Malang.

0 komentar:

 

Copyright © 2010 Picnic Together Designed by Ipietoon Blogger Template
Girl Vector Copyrighted to Dapino Colada