Hiasan Manik Dari Jombang

Friday, May 21, 2010

Salah satu sentra pengrajin tasbih manik-manik adalah Desa Gambang, Kec. Gudo kota Jombang (Jawa Timur). Desa yang terletak sekitar 15 km arah barat daya dari pusat kota Jombang ini terkenal sebagai sentra kerajinan manik-manik. Berbagai model, corak dan motif manik-manik dihasilkan di desa ini. Mulai dari motif Majapahit, Afrika, Kalimantan sampai motif klasik dan modern. Para pengrajin ini tak hanya membuat aksesoris, tetapi juga meronce butiran manik-manik menjadi tasbih. Ternyata tasbih manik-manik sangat digemari karena bentuknya sangat indah. Manik-manik buatan warga setempat sangat digemari turis mancanegara karena bentuk dan keindahannya.

Sebagai alternatif wisata belanja bersama keluarga, di sini kita dapat melihat secara langsung mulai proses pembuatan manik-manik, pengerjaan hingga finishing. Dan tentu saja dapat membelinya sebagai oleh-oleh yang khas dari kota Jombang dengan harga yang lebih murah.

Untuk menuju desa ini bisa dari arah barat (Madiun), sesampai di wilayah Pasar Perak, anda bisa bertanya arah menuju desa ini. Atau bila anda dari arah timur (Surabaya), sesampai di pertigaan desa atau perlintasan kereta api Jatipelem, anda bisa bertanya kepada warga sekitar. Sedangkan jika anda dari arah selatan (Malang), bisa menempuh rute dari pertigaan desa Blimbing, mengarah ke barat.

1 komentar:

Adi Tya on August 12, 2014 at 1:46 PM said...

bisakah saya membeli bahannya saja

 

Copyright © 2010 Picnic Together Designed by Ipietoon Blogger Template
Girl Vector Copyrighted to Dapino Colada