Semarang City

Tuesday, April 13, 2010

Kota Semarang adalah ibukota dari Jawa Tengah, Indonesia, yang terletak sekitar 466 km sebelah timur Jakarta atau 312 km sebelah barat Surabaya. Kota Semarang berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara, Kabupaten Demak di sebelah timur, Kabupaten Semarang di sebelah selatan, dan Kabupaten Kendal di sebelah barat. Sebagai ibukota propinsi Jawa Tengah, kota Semarang merupakan pusat industri, perdagangan dan pemerintahan yang mengatur 34 kota dan kabupaten lainnya. Semarang terbagi menjadi daerah dengan dua iklim yaitu iklim panas dan iklim sejuk. Iklim panas terjadi karena kota Semarang berada dipesisir pantai yang merupakan dataran rendah. Sedang Iklim sejuk karena sebagian kota Semarang berada di lereng gunung Ungaran. Untuk menunjang kebutuhan para wisatawan, kota Semarang menyediakan hotel dari yang paling murah sampai hotel berbintang, transportasi yang mudah dan nyaman, dan sebuah biro perjalanan yang siap memandu perjalanan para wisatawan.

Salah satu tempat yang memberi ciri khas kota Semarang adalah Simpang Lima. Simpang Lima yang telah dijadikan alun-alun yang berada di tengah-tengah persimpangan antara jalan Pandanaran di sebelah barat, jalan A. Yani, jalan Gajahmada dan jalan Pahlawan di sebelah timur, dan disebelah timur laut ada jalan KH. Ahmad Dahlan. Berkembangnya fungsi Simpanglima menjadi alun-alun merupakan saran Presiden pertama Republik Indonesia yang menyarankan pengadaan alun-alun di Semarang sebagai ganti dari Kanjengan. Sebagai pusat Kota Semarang, Simpang Lima dapat dikatakan sebagai pusat keramaian karena di sekitar Simpang Lima terdapat pusat perbelanjaan antara lain Citraland, Simpang Lima Plaza, Gajahmada Plaza, Pusat pertokoan Simpang Lima. Juga terdapat hotel-hotel Berbintang yaitu hotel Ciputra dan hotel Horison, juga sebuah tempat ibadah umat Islam yaitu Masjid Baiturrahman.
Alun-alun Simpang Lima Semarang sekarang sudah berubah fungsi menjadi
1. pusat perbelanjaan.
2. tempat upacara
3. tempat berlangsungnya pertunjukan/rekreasi keluarga
4. sebagai pasar kaget pada waktu-waktu tertentu.

Tidak lengkap jika selesai keliling tidak membawa oleh-oleh khas Semarang. Karena banyak sekali tempat yang menyediakan makanan khas Semarang. Salah satunya yaitu di kawasan oleh-oleh yang berada di sepanjang Jalan Pandanaran. Di sepanjang jalan tersebut dapat dijumpai toko dan kios yang menjual makanan khas Semarang. Mulai dari Bandeng Presto, wingko babat, lumpia, tahu gimbal dan makanan khas lainnya. Selain di sepanjang Jalan Pandanaran, oleh-oleh khas Semarang juga dapat dicari di pasar Johar yaitu salah satu pasar tradisional yang masih bertahan hingga saat ini.
Bandeng presto adalah masakan ikan bandeng yang memiliki duri lunak, dapat dibeli di toko Juwana yang sangat terkenal menjual bandeng presto yang berada di Jalan Pandanaran. Beberapa variasi bandeng yang ditawarkan diantaranya, bandeng otak-otak, bandeng dalam sangkar, bandeng pepes duri lunak serta bandeng vacuum. Meskipun bandeng presto bisa didapatkan di mana saja, tetapi rasanya lebih afdol kalau makan bandeng presto khas Semarang.

Wingko babat, makanan khas Semarang ini sekarang dapat diperoleh dalam beberapa variasi rasa, seperti rasa durian, rasa coklat, rasa nangka, dan lain sebagainya. Wingko babat yang terkenal adalah wingko babat dengan merk Kereta Api. Dan yang juga tak boleh dilupakan adalah lumpia khas Semarang, yang lebih nikmat bila disantap dengan cabai dan acar asam.

Ayam goreng tulang lunak. Walaupun tidak terlalu khas semarang, tapi oleh-oleh yang satu ini bisa anda coba untuk dibawa pulang. Ayam yang renyah sampai ke tulang-tulangnya ini disajikan dengan bumbu keremes dan sambel yang serupa dengan sambel bandeng. Masih banyak lagi pilihan penganan yang bisa dijadikan buah tangan dari toko ini, sebut saja Lumpia Semarang, kue moci, enting gepuk, krupuk tahu, semprong, madumongso, jenang, keripik paru, gethuk, wajik dan lain-lain.

Semarang mempunyai pelabuhan yang bernama pelabuhan Tanjung Emas yang merupakan pelabuhan yang ideal sebagai gerbang masuk menuju kota-kota lain di Jawa Tengah. Sebagai tempat rekreasi pelabuhan yang terletak di jalan Yos Sudarso arteri Semarang ini memiliki fasilitas : perahu sewa, kolam pancing, danau buatan, arena grass track, jogging track.

Kota Semarang mempunyai sebuah tugu berbentuk lilin berdiri tegak di tengah persimpangan Jl. Sutomo, Jl. Pandanaran, Jl. Imam Bonjol dan Jl. Soegiyopranoto. Tugu ini dibangun sebagai monumen untuk mengenang perjuangan para pahlawan kota Semarang melawan penjajah Jepang yang dikenal sebagai pertempuran selama lima hari di kota Semarang dari tanggal 14-19 Oktober 1945. Pada kaki monumen terdapat relief yang menggambarkan kesengsaraan rakyat Indonesia di masa jaman penjajahan Jepang, seperti relief Hongeroedem, relief pertempuran, relief penyerangan, relief korban dan relief kenangan.

Demikianlah piknik together kali ini, semoga bisa dijadikan pilihan tempat rekreasi keluarga anda selama liburan.

1 komentar:

Bunglon Blog on April 14, 2010 at 10:07 AM said...

halo..perdana mampir salam kenal ya mbak...
wah lagi posting semarang ya mbak,
apik tenan yo hehe...
Sukses Slalu!

 

Copyright © 2010 Picnic Together Designed by Ipietoon Blogger Template
Girl Vector Copyrighted to Dapino Colada