Jajanan Khas Bandung

Friday, February 12, 2010

Peuyem
Peuyeum adalah makanan yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia (daerah Sunda) yang terbuat dari singkong yang di fermentasi. Makanan ini mirip dengan tape yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Perbedaan utamanya ialah bahwa peuyeum kering dan tape sedikit agak basah. Proses pembuatan dan penyimpanannya peuyeum digantung.
Kini peuyeum hadir dalam wujud baru, peuyeum panggang, yaitu kue yang sudah melalui proses pemanggangan.Panganan yang baru beredar sejak tahun lalu ini memang terbilang unik. Jika biasanya kita menikmati tape yang terasa asam manis, tapi peuyeum panggang rasa tapenya sudah dipadupadankan dengan coklat, keju juga colenak. Peuyeum Panggang dapat ditemui melalui dikios-kios yang menjual oleh-oleh khas Bandung, di beberapa gerai oleh-oleh di Cihampelas, di Bandara serta di kawasan Dago. Jadi jika anda ingin mencoba membawa oleh-oleh yang beda dari yang lain, peuyeum panggang bisa jadi alternatif baru.

Cireng
Jajanan yang banyak dijumpai di pinggiran jalanan kota Bandung adalah Cireng. Cireng sudah tidak dibuat sederhana lagi tetapi sudah dengan inovasi baru, baik dari segi bentuk, bahan, rasa dan isi. Kita dapat menikmati Cireng dengan berbagai isi yang menarik, antara lain:Cireng Isi Ayam, Cireng Isi Baso, Cireng Isi Keju, Cireng Isi Daging, Cireng Isi Sosis, Cireng Isi Abon, Cireng Isi Oncom, Cireng Isi Kornet, Cireng isi Keju, dan masih banyak lagi.
Bahan untuk membuat cireng adalah tepung kanji, tepung terigu, air, merica bubuk, garam, bawang putih, kedelai putih, daun bawang yang diiris halus, minyak goreng untuk menggoreng.
Sajikan hangat dengan saus sambal, sambel kacang, atau kecap cabai rawit.

Mie Kocok
bagi yang tinggal di bandung mungkin sudah tidak asing lagi dengan mie kocok. Makanan ini adalah campuran dari mie, touge, kaki sapi (kikil), dan uratnya, ditambah dengan kuah dari rempah-rempah. Pada saat menghidangkannya dapat ditambah dengan sambal dan jeruk nipis.

Siomay dan Batagor
Olahan dari siomai adalah daging cincang yang dibungkus kulit yang tipis dari tepung terigu. Tetapi, siomai juga dapat dibuat dari berbagai jenis variasi siomai, mulai dari siomai ikan tenggiri, ayam, udang, kepiting, atau campuran daging ayam dan udang. Bahan untuk isi dicampur dengan sagu atau tapioka. Telur ayam rebus dan sayuran seperti kentang, pare, dan kubis juga dihidangkan di dalam satu piring bersama-sama siomai. Siomai bandung dihidangkan setelah disirami dengan saus kacang yang dibuat dari kacang tanah yang dihaluskan dan diencerkan dengan air. Bumbu untuk saus kacang antara lain cabai, gula pasir, bawang putih, garam dapur, dan cuka atau jeruk limau. Sewaktu disajikan, siomai bisa diberi tambahan kecap manis, sambal botol, atau saus tomat.
Sedangkan batagor adalah olahan dari siomai yang digoreng. Batagor singkatan dari Baso Tahu Goreng. Jajanan khas Bandung ini memang merupakan modifikasi dari Baso Tahu, yaitu Tahu yang diisi dengan adonan siomay, dimasak dengan cara dikukus lalu digoreng, dan disajikan dengan saus kacang dan kecap ditambah perasan jeruk limau.
Siomai dan batagor juga banyak kita jumpai dipinggiran jalan kota Bandung atau di cafe-cafe.

Combro
Combro adalah makanan rakyat yang rasanya juga nikmat, dengan isian oncom di dalamnya. Bahan untuk isi combro adalah oncom dicuci dan dihaluskan, batang seledri diiris halus, minyak untuk menumis.
Bumbu Combro (dihaluskan) : cabe rawit, cabe merah, bawang putih, bawang merah, garam dan gula menurut selera.
Cara Membuat Combro :
1. Isi : tumis bumbu halus sampai matang dan harum. Masukkan oncom, aduk, beri 100 ml air. Masak sampai matang dan air habis. Masukkan seledri, aduk sampai layu, angkat, dinginkan.
2. Campur ubi kayu parut dan garam. Ambil 1-2 sendok makan adonan, bulatkan, tipiskan, beri 1/2sdm adonan di tengahnya, tutup kembali, bentuk menjadi bulat telur.
3. Goreng dengan api sedang hingga matang kecoklatan, tiriskan dan hidangkan selagi hangat dan empuk.

0 komentar:

 

Copyright © 2010 Picnic Together Designed by Ipietoon Blogger Template
Girl Vector Copyrighted to Dapino Colada